Analisa Sistem Politik Mohtar Mas’oed


Mas’oed membandingkan antara pendekatan sistem yang digunakan oleh David Eaton dan Gabriel Almond dalam menganalisa sistem politik. Pendekatan yang dimaksud adalah kriteria untuk memilih masalah yang hendak diteliti dan untuk menentukan data yang diperlukan untuk pembuktian dalam penelitian.
Dalam menilai karya Easton dan Almond, Mas’oed menggunakan kriteria implikasi ideologis dan relevansinya dengan studi tentang masyarakat politik Dunia Ketiga. Implikasi ideologis dari suatu pendekatan harus diperhatikan karena sistem yang dianut seseorang secara teoritis sosial, disadari atau tidak, menurutnya pasti mempengaruhi sudut pandang dalam memahami masalah-masalah sosial dan cara menjelaskannya. Pendekatan juga harus dinnilai relevansinya dengan masyarakat politik Dunia Ketiga karena menurutnya kita adalah bagian dari masyarakat itu.
Keunggulan pendekatan Easton dan Almond menurut pandangan Mas’oed terletak pada kepekaan akan kompleksitas hubungan sistem politik dengan sistem sosial yang lebih besar dimana sistem politik adalah subsistemnya dan kesederhanaan pendekatan keduanya.
Kesimpulan Mas’oed dalam mempelajari sistem-sistem yang stabil dan sistem-sistem yang tidak selalu stabil menggunakan kerangka yang secara metodologis mampu dan memiliki konsep-konsep yang jelas yang juga memasukkan pertimbangan-pertimbangan moral dalam politik sehingga masalah keadilan sosial dapat dipandang sebagai norma sistem politik.

Sumber :
Almond, Gabriel, “Studi Perbandingan Sistem Politik”, dalam Mas’oed, Mochtar dan Colin McAndrews. Perbandingan Sistem Politik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. 1990.
Easton, David. Kerangka Kerja Analisis Sistem Politik. Jakarta: Bina Aksara. 1984.